Konsolidasi Pilkada 2024, KPU Minta Petunjuk Presiden Jokowi - sepakbola.blog
PSS

Konsolidasi Pilkada 2024, KPU Minta Petunjuk Presiden Jokowi

Jumat 12-02-2022, 12:18 WIB

Reporter:
Intan Afrida Rafni|

Penerbit:
Lebrina Uneputty

Konsolidasi Pilkada 2024, KPU Minta Petunjuk Presiden Jokowi

Pidato Hasyim Asy’ari pada Acara Konsolidasi Nasional di Ancol, Jakarta Utara-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. PENGENAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) melakukan konsolidasi nasional dalam rangka persiapan pemilihan serentak 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC), Ancol, Jakarta Utara pada Jumat, 2 Desember 2022.

Hadir bersama orang nomor satu Indonesia, yakni Joko Widodo, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya sedang meminta arahan presiden dalam menyelenggarakan pemilu serentak 2024.

“Kami mohon kepada Bapak Presiden untuk berkenan memberikan arahan kepada kami, memberikan semangat kepada kami dalam melaksanakan Pemilu 2024,” kata Hasyim Asy’ari dalam sambutannya.

BACA JUGA: Lowongan Kerja, KPU Butuh 36.000 Anggota PPK & PSS Lagi, Berapa Gajinya?

Pilkada Serentak 2024 merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia, dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden, anggota DPR, anggota DPD, DPRD kota provinsi kabupaten, dan juga pemilihan kepala daerah.

“Pilkada serentak 2024 untuk pertama kalinya di tahun yang sama akan mengadakan pemungutan suara untuk pemilihan presiden, anggota DPR, anggota DPD, DPRD provinsi dan bupati-bupati, serta pilkada,” imbuhnya.

Selain itu, kata Hasyim, KPU juga akan melakukan pembahasan dengan para menteri dan pimpinan lembaga terkait pemilu seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kapolri, Kejaksaan Agung, pimpinan KPK dan juga pimpinan DPR. LKPP.

BACA JUGA: KPU RI Umumkan Program Pendaftaran Calon Anggota PPK dan PPS

“Semua partai ini akan terkait langsung dengan KPU dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 dan Pilkada 2024,” kata Hasyim.

Selanjutnya berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa pemilu memberikan mandat kepada KPU sebagai lembaga pelayanan.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan undang-undang tersebut, KPU memutuskan mengangkat tema “Konsolidasi KPU untuk Meningkatkan Layanan Pemilu 2024”.

“Kami memahami bahwa amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu memberikan mandat kepada KPU sebagai lembaga pelayanan,” ujar Hasyim.

Diketahui, pada Pemilu 2024 karakter lembaga KPU adalah lembaga pelayanan, terutama untuk melayani dua partai.

Dua partai yang disebutkan Hasyim, yakni yang pertama, melayani pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Kemudian yang kedua adalah melayani peserta pemilu.

Sumber:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button