Panitia Wasit PSSI sudah mengantongi nama-nama wasit yang akan ditinju - sepakbola.blog
Liga Indonesia

Panitia Wasit PSSI sudah mengantongi nama-nama wasit yang akan ditinju

JawaPos.com-La Liga 1 2022–2023 telah memasuki pekan ketiga. Dan performa wasit terus menjadi sorotan. Komite Wasit PSSI langsung bergerak untuk memastikan masalah itu tidak terulang pada pekan berikutnya.

Staf khusus Komite Wasit PSSI Purwanto mengatakan pihaknya tidak tinggal diam atas berbagai sengketa arbitrase di Liga 1. Sejak pekan pertama, Komite Wasit PSSI bekerja untuk mengevaluasi. “Kami langsung istirahat atau wasit keluar kan nakal,” ujarnya.

Menurut dia, panitia wasit langsung merilis nama-nama wasit yang “terjebak” beserta jenis kesalahan yang mereka lakukan saat memimpin pertandingan. ”Kami ingin meluruskan yang bengkok. Biarkan semuanya berjalan sebagaimana mestinya,” sambungnya.

Purwanto mengungkapkan, sebelum adanya laporan tersebut, pihaknya sudah bergerak untuk membebaskan wasit yang terbukti melakukan kesalahan fatal dalam menjalankan tugasnya. “Sebelum ada laporan (dari masyarakat), kami sudah tahu out-kan wasit,” ujarnya.

Hal itu dibenarkan Ketua Panitia Arbitrase PSSI Ahmad Riyadh. Bahkan wasit yang diistirahatkan pun tak serta-merta dibiarkan begitu saja. ” Wasit akan membangun dirinya nanti. Selama bekerja dia dibebaskan dari dinas,” jelasnya.

Riyadh mengatakan juga telah menyusun peringkat kinerja wasit Liga 1.

Artinya wasit yang banyak bermasalah bisa terdegradasi dan tidak lagi menjadi wasit di pertandingan Liga 1. Semakin banyak kesalahan, semakin besar risiko degradasi.

Pria yang juga presiden Asprov PSSI Jatim itu mengatakan, Komite Wasit PSSI tidak hanya menilai. Mereka juga sedang melakukan penyelidikan.

Jika kesalahan wasit disengaja atau ada indikasi untuk menyesuaikan skor, hukuman berat telah diberlakukan. ”Dan, jika ada indikasi kejahatan, diteruskan ke Carabinieri,” ujarnya.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Back to top button
//